Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2022, 12:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Gangguan kesehatan seperti ambeien sering kali membuat seseorang merasa tak nyaman. Hal itu karena pembengkakan akibat ambeien membuat seseorang susah beraktivitas, terutama merasa sakit saat duduk.

Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum yang dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan pendarahan dubur.

Ambeien dapat muncul secara eksternal atau menonjol di area anus. Ada pula internal yang mana pembengkakannya terjadi di liang rektum.

Baca juga: 12 Cara Mengobati Ambeien Setelah Melahirkan

Wasir biasanya terjadi karena mengejan saat buang air besar, obesitas, atau kehamilan. Gejala umum wasir ialah rasa tak nyaman, terutama saat duduk dan buang air besar.

Melansir NHS, ambeien juga dapat menimbulkan beberapa gejala berikut ini:

  1. keluar darah merah segar setelah buang air besar (BAB)
  2. anus gatal
  3. merasa belum tuntas, meski baru saja BAB
  4. benjolan di sekitar anus
  5. rasa sakit atau nyeri di anus

Ambeien biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Namun, ambeien juga dapat kambuh jika seseorang kurang asupan makanan berserat dan air putih.

Cara alami atasi ambeien

Anda tak perlu terlalu cemas ketika menemui kondisi ambeien di anus. Ada beberapa pengobatan alami ala rumahan yang bisa membantu meredakan dan menyembuhkan gangguan kesehatan ini.

1. Mandi air hangat dengan garam epsom

Mandi dengan air hangat dapat membantu meredakan iritasi akibat wasir atau ambeien. Anda juga dapat menambahkan garam epsom ke dalam bak mandi untuk mengurangi rasa sakit akibat ambeien.

Garam epsom merupakan garam garam yang terbentuk dari mineral magnesium, sulfur (belerang), serta oksigen hingga menghasilkan magnesium sulfat.

Garam epsom mampu meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga elastisitas pembuluh arteri. Garam epsom dapat dibeli di apotek-apotek terdekat.

Baca juga: 10 Penyebab Anus Berdarah, Tak Hanya Ambeien

2. Kompres dingin

Anda bisa meletakkan kompres es di area anus selama 15 menit setelah buang air besar. Kompres es berguna untuk meredakan pembengkakan wasir.

Pastikan untuk membungkus es di dalam kain atau handuk lembut. Hindari mengoleskan benda beku langsung ke kulit Anda, karena dapat membahayakan atau merusak kulit.

3. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tumbuhan yang sering dijadikan alternatif dalam mengobati berbagai jenis penyakit.

Gel lidah buaya yang memiliki sifat anti-inflamasi ternyata mampu mengurangi iritasi pada wasir.

Tidak banyak bukti klinis tentang efektivitas gel lidah buaya untuk wasir, namun National Center for Complimentary and Integrated Health, memaparkan bahwa gel lidah buaya sangat aman untuk pemakaian luar atau dioleskan pada permukaan kulit.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com