Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2022, 16:31 WIB

KOMPAS.com - Mastitis adalah salah satu masalah kesehatan yang rentan menyerang ibu menyusui.

Untuk diketahui, mastitis adalah infeksi jaringan payudara. Dilansir dari Whattoexpect, ciri-ciri mastitis bisa dikenali dari payudara nyeri, bengkak, demam, tidak enak badan, nyeri otot, dan rasanya seperti terkena flu.

Penyakit ini cukup umum. Diperkirakan satu dari 10 ibu menyusui pernah mengalami mastitis.

Masalah kesehatan ini paling sering terjadi 1,5 bulan setelah ibu kali pertama menyusui, atau ketika ibu baru belajar menyusui.

Simak beberapa penyebab mastitis pada ibu menyusui berikut cara mencegah penyakit ini.

Baca juga: Kenali Apa itu Mastitis pada Payudara, Ciri-ciri, dan Penyebabnya

Penyebab mastitis pada ibu menyusui

Ada beberapa penyebab mastitis pada ibu menyusui yang sering dilaporkan, antara lain:

  • Proses pelekatan menyusui kurang tepat

Dikutip dari American Academy of Family Physicians, sebagian ibu menyusui kesulitan dan belum terbiasa menyusui buah hatinya di awal memiliki bayi. Proses pelekatan kurang tepat ini terkadang menyebabkan puting sakit. Celah puting yang terluka ini bisa kemasukan bakteri dan menginfeksi jaringan payudara.

  • Puting lecet

Puting yang lecet juga bisa jadi pintu masuknya bakteri penyebab mastitis pada ibu menyusui. Puting bisa pecah-pecah karena sering tergesek-gesek lidah bayi saat menyusui. Kondisi ini biasanya dialami ibu yang cenderung menggunakan salah satu sisi payudaranya untuk menyusui.

Baca juga: 10 Manfaat ASI Eksklusif bagi Kesehatan Bayi dan Ibu Menyusui

  • Penyumbatan saluran susu

Selain bisa memicu puting lecet, kebiasaan hanya menggunakan salah satu sisi payudara untuk menyusui juga rentan menyebabkan penyumbatan saluran susu. Selain itu, jarak menyusui atau mengosongkan ASI yang terlalu lama juga bisa meningkatkan risiko penyumbatan saluran susu.

  • Kelainan mulut pada bayi

Kelainan mulut pada bayi seperti bibir sumbing atau langit-langit mulut sumbing juga bisa menyakiti puting payudara dan meningkatkan risiko mastitis.

  • Infeksi jamur

Di beberapa kasus, penyebab mastitis tak hanya dari infeksi bakteri tapi juga dapat berasal dari infeksi jamur. Kondisi ini juga bisa menyerang ibu menyusui yang masih kesulitan menyusui dan memiliki puting lecet.

Baca juga: Ibu Menyusui, Konsumsi Makanan Berikut Agar Bayi Cerdas

Cara mencegah mastitis pada ibu menyusui

Mengingat beberapa penyebab mastitis pada ibu menyusui terkait teknik menyusui kurang tepat atau proses pengeluaran ASI belum optimal, cara mencegah penyakit ini bisa dengan mengantisipasi hal-hal di atas.

Jangan buru-buru menyerah memberikan ASI atau menyapih bayi ketika mengalami masalah kesehatan ini. Coba ibu menyusui berkonsultasi dengan konsultan ASI jika kesulitan menyusui.

Baca juga: 4 Manfaat Susu Almond untuk Ibu Menyusui dan Cara Membuatnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+