Kompas.com - 11/09/2022, 07:31 WIB

KOMPAS.com - Kolagen adalah salah satu jenis protein yang terbuat dari asam amino dan paling banyak ditemukan di dalam tubuh.

Dikutip dari ClevelandClinic, protein ini terdapat dalam kulit, otot, tulang, tendon, ligamen, pembuluh darah, lapisan usus, dan beberapa organ.

Simak beberapa manfaat kolagen yang penting untuk tubuh, bidang kedokteran, sampai kosmetika berikut.

Baca juga: 13 Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi

Manfaat kolagen untuk tubuh

Fungsi kolagen utamanya untuk memberikan struktur, kekuatan, dan dukungan ke seluruh tubuh. Berikut beberapa di antaranya:

  • Membantu pembentukan lapisan kulit tengah yang penting untuk merangsang pertumbuhan sel-sel baru
  • Merangsang pergantian sel kulit mati
  • Memberikan lapisan pelindung untuk organ-organ penting
  • Memberikan struktur, kekuatan, dan elastisitas kulit, tulang, dan sendi
  • Membantu darah dapat menggumpal ketika terjadi pendarahan

Di luar fungsi kolagen untuk tubuh, kolagen juga kerap digunakan untuk kepentingan kedokteran dan bidang kosmetika.

Baca juga: Minuman Kolagen untuk Kesehatan Kulit, Perlu atau Tidak?

Manfaat kolagen untuk kosmetika sampai medis

Kolagen alami dari manusia, sapi, babi, domba, atau ikan dapat dipecah, diubah, dan diserap kembali oleh tubuh. Atau, beberapa zat bisa dibuat menjadi kolagen di luar tubuh.

Produk yang digunakan untuk meningkatkan kadar kolagen alami tersebut biaanya digunakan untuk kepentingan medis atau kosmetika. Simak beberapa manfaat kolagen berikut:

  • Membuat kulit tampak kenyal dan minim kerutan

Dilansir dari MedicalNewsToday, beberapa produk perawatan kulit menggunakan suntikan kolagen untuk meningkatkan elastisitas kulit. Perawatan ini membantu mengurangi kerutan, memperbaiki kontur kulit, sampai mengoreksi bekas luka yang susah dihilangkan.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Dokter terkadang juga menyarankan pasien menggunakan perban mengandung kolagen untuk mempercepat penyembuhan luka. Perban khusus ini bisa mengurangi peradangan, mencegah terbentuknya jaringan parut, meningkatkan aliran darah, serta mengembalikan elastisitas kulit.

Baca juga: 5 Fungsi Kalsium, Tak Hanya untuk Menjaga Kesehatan Tulang

  • Perawatan gusi dan gigi

Kolagen juga kerap digunakan saat perawatan gusi dan gigi. Zat ini berguna sebagai perancah untuk mencegah jaringan gusi tumbuh cepat dan melukai jaringan gigi. Dengan begitu, gigi yang baru dioperasi punya kesempatan untuk beregenerasi. Kolagen ini dapat diserap tubuh. Jadi, pasien tidak perlu operasi lagi setelah proses penyembuhan perawatan gigi dan gusi rampung.

  • Pembuluh darah buatan

Manfaat kolagen belakangan juga jamak dikembangkan untuk membuat pembuluh darah buatan dan membantu meregenerasi saraf perifer yang rusak. Prosesnya menggunakan sistem cangkok jaringan kolagen donor.

Baca juga: 10 Fungsi Fosfor untuk Tubuh, Mineral Terbanyak Kedua Setelah Kalsium

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.