Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Keluar Flek Coklat tapi Tidak Haid? Kenali 7 Penyebabnya

Kompas.com - 15/07/2023, 18:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Bagi sebagian wanita, kondisi seperti keluar flek coklat tapi tidak haid terkadang bisa bikin ketar-ketir.

Kekhawatiran tersebut umumnya wajar. Pasalnya, kondisi ini berbeda dari biasanya.

Nah, sebelum menyimak beberapa alasan kenapa keluar flek coklat tapi tidak haid, ketahui dulu apakah keluarnya cairan berwarna coklat dari vagina ini normal atau tidak.

Baca juga: Keluar Flek Cokelat, Kapan Perlu Waspada?

Apakah flek coklat normal?

Flek coklat bisa normal atau tidak, tergantung kapan dan intensitas keluarnya cairan dari vagina ini.

Dilansir dari ClevelandClinic, flek coklat adalah cairan vagina yang tercampur dengan sedikit darah.

Flek coklat umumnya normal ketika keluar menjelang atau setelah haid. Bercak kecoklatan ini adalah sisa-sisa darah menstruasi.

Selain itu, ada juga beberapa kondisi dan penyakit yang dapat menjadi penyebab keluarnya cairan dari vagina ini pertanda ada masalah kesehatan tertentu.

Baca juga: Perbedaan Flek Hamil dan Mentsruasi

Kenapa keluar flek coklat tapi tidak haid?

Berikut beberapa kemungkinan penyebab keluar flek coklat tapi tidak haid yang dialami wanita:

  • Perimenopause

Dilansir dari WebMD, perimenopause adalah waktu menjelang menopause, biasanya 4-8 tahun sebelum menopause. Selain keluar flek coklat, wanita saat peromenopause juga sering berkeringat di malam hari dan vagina kering.

  • Efek samping kontrasepsi

Efek samping kontrasepsi seperti pil KB atau IUD terkadang jua bisa memicu keluarnya bercak berwarna kecoklatan dari vagina. Namun, umumnya efek samping ini hanya terjadi saat 3 bulan awal pemakaian atau pemasangan KB.

  • Tanda-tanda hamil

Saat awal kehamilan, wanita juga bisa mengalami keluarnya bercak kecoklatan karena implantasi. Implantasi adalah pendarahan ringan yang terjadi saat embrio kali pertama menempel di rahim.

  • PCOS

Wanita yang sering mengeluarkan flek coklat tapi tidak haid juga bisa jadi tanda penyakit poly-cystic ovary syndrome (PCOS). Selain sering mengeluarkan bercak coklat, PCOS juga ditandai dengan gejala siklus haid tidak teratur, jerawat bermunculan, berat badan naik, rambut tumbuh di wajah.

Baca juga: 10 Penyebab Keluar Darah Setelah Berhubungan Seks Tapi Tidak Haid

  • Infeksi menular seksual

Sejumlah infeksi menular seksual seperti gonorea, klamidia, penyakit radang panggul juga ditandai dengan keluarnya bercak atau flek tapi bukan menstruasi. Selain flek coklat, penyakit ini juga jamak disertai gejala sakit perut, vagina gatal, atau muncul luka atau ruam di vagina dan sekitarnya.

  • Hormon tidak seimbang

Hormon tidak seimbang bisa membuat keluarnya flek coklat di sela-sela siklus haid. Kondisi ini bisa dipengaruhi konsumsi obat yang memengaruhi hormon estrogen dan progesteron, diabetes, penyakit liver atau ginjal, gangguan kelenjar tiroid atau adrenal, stres berlebih, dan berat badan berubah drastis.

  • Kista ovarium

Tumbuhnya kista di ovarium atau indung telur wanita juga bisa memicu keluarnya flek coklat tidak normal. Selain itu, penyakit ini juga disertai sakit perut parah saat haid, nyeri saat berhubungan seks, atau kerap anyang-anyangan.

Setelah menyimak kemungkinan penyebab kenapa keluar flek coklat tapi tidak haid di atas, wanita baiknya berkonsultasi ke dokter jika mengalami kondisi di atas. Terutama jika keluarnya bercak coklat ini disertai nyeri panggul, flek berlebihan, atau siklus haid tidak normal.

Baca juga: 4 Ciri-ciri Keputihan Tanda Menopause pada Wanita

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com