Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Pola Makan untuk Penderita Diabetes dengan Prinsip 3J

Kompas.com - 28/08/2023, 16:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Penderita diabetes perlu menjalankan pola makan yang tepat untuk mengatur kadar gula darahnya agar tetap normal.

Director of Adult and Specialized Nutrition Kalbe Nutritionals Robertus Purba menjelaskan, pola makan untuk penderita diabetes dapat menggunakan prinsip 3J.

“Disiplin 3J yaitu mengontrol jumlah makanan, memilih jenis makanan yang baik untuk gula darah, dan mengatur jadwal makan,” kata Robertus, saat berbicara di acara peringatan Hari Diabetes Nasional 2023 bersama Diabetasol di Subang, Jawa Barat, Minggu(20/8/2023).

Baca juga: 1 dari 10 Orang Indonesia Terkena Diabetes, Kebanyakan Tak Sadar Penyakitnya

Lebih lanjut ia menyampaikan, pengaturan pola makan untuk penderita diabetes penting untuk mencegah komplikasi yang membahayakan kesehatan.

“Diabetes adalah penyakit degeneratif yang jadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia, apalagi jika mengalami komplikasi,” kata Robertus. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahaya komplikasi diabetes bisa menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah, gagal ginjal, penurunan fungsi hati, stroke, glukoma, hingga amputasi.

Baca juga: Cara Kerja Insulin dalam Tubuh, Termasuk pada Penderita Diabetes

Pola makan untuk penderita diabetes dengan prinsip 3J

Director of Adult and Specialized Nutrition KALBE Nutritionals, Robertus Purba, berbicara di acara peringatan Hari Diabetes Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh Diabetasol dan Persadia di Surabaya, Sabtu (29/7). Pakar nutrisi ini menyebut pentingnya pengaturan pola makan untuk mengontrol gula darah dan meningkatkan kualitas hidup diabetesi.Dokumentasi KALBE Director of Adult and Specialized Nutrition KALBE Nutritionals, Robertus Purba, berbicara di acara peringatan Hari Diabetes Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh Diabetasol dan Persadia di Surabaya, Sabtu (29/7). Pakar nutrisi ini menyebut pentingnya pengaturan pola makan untuk mengontrol gula darah dan meningkatkan kualitas hidup diabetesi.
Menurut anjuran Kementerian Kesehatan, pengaturan makan untuk penderita diabetes sebenarnya tidak jauh berbeda dari orang sehat, yakni menerapkan gizi lengkap dan seimbang.

Hanya saja konsumsinya dibatasi sesuai kebutuhan harian, terutama penggunaan lemak, gula, dan garam untuk tambahan makanan.

Berikut penjabaran pola makan untuk penderita diabetes dengan prinsip 3J untuk mengontrol kadar gula darah:

  • Pengaturan jadwal

Penderita diabetes perlu mengikuti jadwal makan yang tepat dan teratur setiap hari. Tujuannya, untuk mengurangi beban kerja tubuh agar tidak terlalu berat dalam mencerna, menyerap zat gizi, dan menjaga gula darah tetap stabil.

Penderita diabetes bisa mengatur jam sarapan pukul 07.00, makan siang pukul 12.00, dan makan malam pukul 19.00. Bila perlu, ada sesi mengudap camilan sehat pukul 10.00 atau 21.00.

  • Pengaturan jumlah

Penderita diabetes juga perlu mengonsumsi asupan dalam jumlah yang cukup di setiap sesi makan. Porsi makan yang terlalu banyak bisa membuat gula darah melonjak, demikian juga sebaliknya.

Jumlah atau porsi makanan untuk penderita diabetes disesuaikan dengan jumlah kalori dan kebutuhan protein, lemak, karbohidrat, dan zat gizi lainnya.

Semakin banyak aktivitas yang dilakukan penderita diabetes, jumlah kalorinya juga semakin banyak. Demikian juga sebaliknya.

  • Pengaturan jenis

Selain jadwal dan jumlah, penderita diabetes wajib mengatur jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Prinsipnya, semakin beragam semakin baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com