Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Kompas.com - 30/08/2023, 06:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Cuka apel adalah sejenis cuka yang dibuat dari fermentasi sari buah apel yang dipadukan dengan ragi dan gula.

Dilansir dari WebMD, cuka sari apel memiliki kandungan nutrisi, seperti kalium, magnesium, kalsium, antioksidan hingga fosfor.

Karena itu, cuka apel sering dijadikan bahan alami atau alternatif untuk mengobati berbagai masalah pencernaan hingga mengontrol kadar gula darah.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat cuka apel bagi kesehatan serta efek sampingnya, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cuka Apel

Apa manfaat cuka apel untuk kesehatan?

Beberapa penelitian menunjukkan, antimikroba dan antioksidan pada cuka apel dapat memberi berbagai manfaat kesehatan, antara lain:

  • Mengontrol kadar gula darah

Manfaat cuka apel potensial untuk mengontrol kadar gula darah. Dilansir dari RS Siloam, cuka apel mampu meningkatkan sensitivitas hormon insulin yang berfungsi mengubah glukosa menjadi sumber energi di dalam tubuh.

Selain itu, cuka apel juga memperlambat proses pelepasan gulda dari makanan. Karena itu, cuka apel dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

  • Melindungi tubuh dari bakteri atau mikroba yang membahayakan kesehatan

Cuka dapat melindungi tubuh dari bakteri, jamur, atau kuman yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Karena itu, cuka apel jamak digunakan untuk disinfeksi, mengobati jamur kuku, kutil, hingga infeksi telinga.

  • Menjaga kesehatan kulit wajah

Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang bisa dimanfaatkan sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat kotoran maupun sel kulit mati pada wajah.

Bahkan, larutan cuka sari apel yang diencerkan dengan sedikit air dapat digunakan untuk membasmi jerawat di wajah. Namun, manfaat cuka apel untuk mengatasi jerawat perlu ditinjau lebih lanjut.

Baca juga: Ketahui Khasiat Cuka apel untuk Mengobati Asam Urat

  • Menurunkan berat badan

Dilansir dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan, cuka apel dapat meningkatkan perasaan kenyang. Hal ini menurunkan keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori atau camilan yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Efek plasebo pada cuka apel yang bisa membuat sebagian orang merasa mual juga membuat seseorang tidak tertarik untuk makan dalam porsi besar dan alhasil bisa menurunkan berat badan.

Seperti yang disebutkan di atas, cuka apel bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Keduanya merupakan faktor penting dalam mengendalikan tekanan darah tinggi.

  • Mengatasi bau mulut tak sedap

Cuka dari sari apel dapat digunakan untuk meredakan bau mulut. Campur 15 ml cuka apel dalam satu cangkir air kemudian berkumur selama 10 detik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com