Kompas.com - 06/03/2021, 20:06 WIB
Ilustrasi diet sehat untuk menurunkan berat badan. (Dok. Shutterstock) Ilustrasi diet sehat untuk menurunkan berat badan.

KOMPAS.com – Tidak semua orang mau melakukan diet dengan mengubah pola makan yang sudah menjadi kebiasaan.

Hal ini bisa terjadi karena beragam alasan, mulai dari motivasi yang rendah, penerimaan informasi dan sikap yang salah, termasuk mekanisme tubuh alami yang memberikan perlawaan terhadap perubahan.

Namun, pada kondisi tertentu, tantangan tersebut kiranya perlu dilawan demi kesehatan yang lebih baik.

Baca juga: Bagaimana Serat Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Berikut ini adalah beberapa tanda seseorang perlu diet yang baik diperhatikan:

1. Bentuk tubuh tidak proporsional

Memiliki tubuh tidak proporsional bisa menjadi tanda seseorang perlu diet.

Merangkum WebMD, apabila tubuh Anda terlalu melebar jauh dari sebelumnya dan tidak sesuai dengan tinggi badan, itu bisa menjadi tanda adanya penumpukan lemak berlebih.

Lemak berlebih sendiri adalah kondisi yang layak diwaspadai karena bisa menimbulkan timbunan kolesterol, tekanan darah, dan penyumbatan arteri.

Maka dari itu, jika Anda bisa merasakan lemak telah “memenuhi” bagian perut, paha, lengan, dan betis, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan penerapan diet sehat.

2. Kelebihan berat badan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X