Kompas.com - 17/02/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Siapa yang selalu suka makan makanan manis? Makanan manis memang enak, tetapi perlu hati-hati karena bisa memicu gula darah tinggi.

Mengutip Everyday Health, Dana Elia, seorang dokter nutrisi integratif dan fungsional di Lancaster, mengatakan saat mengkonsumsi gula atau makanan manis, tubuh mengalami disregulasi gula darah.

Hal itu dengan sendirinya dapat melanggengkan stres fisik, yang kemudian menyebabkan kamu menginginkan makan makanan manis lebih banyak.

Baca juga: Kebiasaan Pemicu Gula Darah Tinggi yang Bahayakan Kesehatan

Namun, apakah kamu tahu ada cara untuk mencegah keinginan makan makanan manis?

Makanan sehat yang kaya nutrisi, seperti protein dan serat dapat membantu mencegah keinginan yang tidak sehat, seperti keinginan banyak makan makanan manis.

1. Buah beri

Ilustrasi. Ilustrasi.

Mengutip Everyday Health, stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry, adalah beberapa makanan terbaik untuk mencegah keinginan makan makanan manis.

Buah beri ini bisa memberikan asupan rasa manis tanpa meningkatkan kadar gula darah kita.

Dana Elia, seorang dokter nutrisi integratif dan fungsional di Lancaster mengatakan buah beri memiliki indeks glikemik rendah.

Erin Palinski-Wade, ahli gizi yang berbasis di Franklin mengatakan buah beri juga sumber air yang tinggi dan serat yang baik, yang mana dapat memberikan manfaat berupa:

  • Membantu merasa kenyang lebih lama
  • Menyeimbangkan gula darah
  • Meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca juga: 13 Makanan yang Tidak Berisiko Meningkatkan Gula Darah

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.