Kompas.com - 30/03/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental kita.

Pakar teknologi tidur dari London Sleep Centre, Kate Bridle, juga mengatakan bahwa rutinitas tidur yang terganggu dapat memengaruhi fungsi siang hari, mengurangi perubahan, menyebabkan gangguan mood, dan meningkatkan risiko cedera.

Kurang tidur juga mempengaruhi hormon dalam tubuh yang mengontrol nafsu makan.

“Ketika kurang tidur, nafsu makan Anda meningkat, membuat puasa selama Ramadhan menjadi lebih sulit," ucap Bridle.

Saat Ramadhan, rutinitas tidur kita biasanya mengalami perubahan. Kita diharuskan bangun sekitar pukul 3 dini hari untuk makan sahur.

Baca juga: Makanan Barat Bisa Sebabkan Disfungsi Otak

Gejala serangan jantung saat tidur, seperti nyeri dada dan muncul keringat dingin penting dikenali untuk dapat dikonsultasikan segera dengan dokter.

Lalu apa yang harus kita lakukan?

Agar perubahan rutinitas pola tidur tidak mengganggu kesehatan, kita bisa mencoba untuk mengatasinya dari kuantitas dan kualitas tidur kita.

Jadi, cobalah untuk mendapatkan jumlah tidur yang sama selama periode 24 jam. Biasanya, kebanyakan orang akan tidur pada malam hari selama tujuh hingga delapan jam dalam hari.

Namun, selama ramadhan hal itu tentu tidak memungkinkan. Jadi, cobalah untuk menebus tidur malam yang hilang saat siang hari jika memungkinkan.

Buatlah rencana sebelum ramadhan yang sesuai dengan jadwal Anda dan dapat Anda patuhi sebaik mungkin.

Misalnya, cobalah tidur jam 11 malam dan tidur empat jam setelah buka puasa, lalu bangun jam 3.30 pagi untuk sahur dan subuh dan kembali tidur sekitar jam 5 pagi selama dua jam.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.