Kompas.com - 07/08/2022, 10:34 WIB

KOMPAS.com - Kulit kering sering membuat tidak nyaman. Selain membuat kulit terasa kasar, kulit yang kering juga menyebabkan gatal dan ruam pada sebagain orang.

Menggunakan pelembapbisa membantu dalam menjaga kelembapan kulit sehingga kulit akan tetap terlihat sehat.

Namun sayangnya, tidak semua pelembap bisa menghilangkan kulit kering secara efektif, seperti beberapa bahan alami yang mungkin sudah Anda miliki di rumah berikut ini.

Baca juga: Apa Penyebab Kulit Kering?

1. Madu

Madu biasanya digunakan untuk tambahan pada minuman atau hidangan pencuci mulut.
Namun ternyata, madu memiliki kegunaan lain sebagai pengganti lotion untuk melembapkan kulit.

Melansir WebMD, madu memiliki senyawa antimikroba dan antiinflamasi yang berguna untuk memperlambat kerusakan sel.

Karena senyawa yang dikandung oleh madu inilah yang membuatnya cocok digunakan untuk mengatasi kulit kering dan melembapkannya.

Temuan tersebut didukung dengan penelitian dari Iran yang dimuat pada Iranian Journal of Basic Medical Sciences pada tahun 2013.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kandungan madu yang berupa fenolat, enzim, peptida, asam organik, dan reaksi Maillard membuatnya efektif digunakan untuk mengatasi kulit kering.

Healthline juga menambahkan bahwa madu termasuk exfoliator alami yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pembentukan kulit sehat.

Meskipun begitu, madu yang disarankan untuk digunakan adalah madu alami karena masih mengandung bakteri baik sehingga lebih efektif untuk meredakan kulit kering, seperti madu manuka.

Baca juga: Fakta Nutrisi Madu

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.