BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Yakult

Penting, Ini Alasan Bakteri Baik Diperlukan untuk Daya Tahan Tubuh

Kompas.com - 27/06/2023, 15:51 WIB
Anissa DW,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pernahkah Anda mendengar kata probiotik? Bagi yang menaruh perhatian lebih pada kesehatan pasti pernah mendengarnya. Sebab, probiotik punya manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Probiotik atau yang jamak dikenal sebagai bakteri baik adalah mikroorganisme hidup yang apabila dikonsumsi dalam jumlah cukup bisa berdampak positif bagi tubuh.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minum probiotik secara teratur bermanfaat untuk meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, serta merawat kesehatan fisik dan mental.

Imunolog dari Juntendo University Jepang Profesor Kazuyoshi Takeda mengatakan, terdapat dua jenis imunitas yang efektif menjaga kesehatan tubuh manusia, yakni imunitas alami dan buatan.

Lebih lanjut, Takeda menjelaskan, sel imunitas yang terlibat dalam membentuk kekebalan tubuh secara alami adalah makrofag dan sel natural killer (NK).

Baca juga: 5 Kunci Meningkatkan Daya Tahan Tubuh secara Alami kata Ahli Imunologi

Sementara itu, sel yang membentuk kekebalan buatan adalah sel T dan sel B. Keduanya punya peran untuk membantu melawan biang penyakit dengan menciptakan antibodi di dalam tubuh.

“Kerja sama antara kekebalan alami dan buatan ini penting untuk daya tahan tubuh saat melawan bakteri, virus, dan tumor,” kata Takeda seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (3/6/2023).

Takeda mengamini, rutin mengonsumsi bakteri baik atau probiotik dapat meningkatkan kinerja sel imun, terutama sel pembunuh alami atau sel NK.

Minum probiotik setiap hari terbukti bisa meningkatkan aktivitas sel NK,” ujar Takeda sebagaimana diberitakan Kompas.com, Rabu (24/5/2023).

Perlu diketahui, sel NK merupakan sel pembunuh alami–bagian dari sel darah putih–yang dapat menghancurkan sel-sel yang terinfeksi kuman, misalnya virus, atau sel-sel yang tumbuh tidak normal, seperti tumor dan kanker.

Namun, Takeda mengatakan, aktivitas sel NK tersebut bisa saja menurun akibat gaya hidup yang tidak sehat. Sebagai contoh, kebiasaan merokok, malas bergerak, jarang berolahraga, tingkat stres tinggi, dan pertambahan usia.

Baca juga: Mengapa Kita Dianjurkan Minum Probiotik Setiap Hari? Ini Jawaban Ahli…

Meski begitu, aktivitas sel NK bisa ditingkatkan dengan rutin minum probiotik. Hal ini dibuktikan Takeda bersama timnya lewat penelitian yang melibatkan sembilan sukarelawan berusia 30-45 tahun dan 10 sukarelawan berusia 69-97 tahun di Jepang yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

Selama tiga minggu, para sukarelawan tersebut rutin meminum probiotik yang mengandung Lactobacillus casei Shirota.

“Penelitian menunjukkan, minum probiotik setiap hari terbukti bisa meningkatkan aktivitas sel NK yang menjadi bagian dari kekebalan alami tubuh,” jelas Takeda.

Hasil uji kontrol menunjukkan, aktivitas sel NK meningkat pada kelompok subyek penelitian paruh baya. Sementara itu, pada kelompok subyek kalangan lansia, efeknya bisa menghambat penurunan tingkat aktivitas sel NK.

Cara probiotik meningkatkan daya tahan tubuh

Takeda juga menjelaskan cara probiotik yang mengandung Lactobacillus casei Shirota meningkatkan daya tahan tubuh, yakni dengan merangsang sistem kekebalan alami di usus.

Lactobacillus casei Shirota meningkatkan aktivitas sel NK dalam tubuh melalui peningkatan respons imun di usus,” jelas Takeda.

Dia memaparkan, bakteri baik tersebut dapat masuk ke usus melalui sel M. Untuk diketahui, sel M bertugas mengangkut organisme dan partikel dari dinding usus menuju sel-sel di sistem kekebalan tubuh.

Setelah masuk ke usus, probiotik akan merangsang kinerja sel imun, seperti makrofag dan dendritik, sekaligus mengaktifkan sel NK. Sel-sel imun ini lantas bahu-membahu mengontrol kinerja sel T atau bagian dari sel darah putih yang berperan penting dalam melawan biang penyakit, seperti virus dan tumor.

Untuk bisa merasakan manfaat probiotik secara optimal, Takeda menyarankan untuk rutin minum probiotik setiap hari.

Baca juga: Menelisik Manfaat Probiotik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

“Minum satu botol probiotik setiap hari bisa memperbaiki imunitas. Hal yang paling penting diperhatikan, usahakan rutin,” jelasnya.

Takeda menambahkan, efek positif dari mengonsumsi probiotik dengan kandungan Lactobacillus casei Shirota untuk kesehatan muncul setelah tiga minggu dikonsumsi secara rutin.

Waktu terbaik untuk konsumsi probiotik

Sebenarnya, tidak ada ketentuan khusus terkait waktu yang tepat untuk mengonsumsi probiotik. Dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin metabolik diabetes Dr dr Indra Wijaya, M Kes, SpPD-KEMD, FINASIM, FACP menjelaskan, probiotik bisa diminum sebelum atau sesudah makan, tergantung kondisi lambung.

Dokter Indra menjelaskan, tingkat keasaman minuman probiotik yang tersedia di pasaran umumnya tidak terlalu tinggi. Namun, bagi penderita mag atau gangguan lambung, ia menyarankan untuk meminum probiotik sesudah makan.

“Tingkat keasaman probiotik pada dasarnya masih bisa ditoleransi. Tapi, kalau khawatir dengan gangguan lambung, (cobalah untuk) minum probiotik bisa sesudah makan,” katanya sebagaimana diberitakan Kompas.com, Selasa (23/5/2023).

Baca juga: Minum Probiotik Sebelum Makan atau Sesudah Makan? Ini Kata Dokter...

Itulah manfaat probiotik bagi kesehatan tubuh. Anda yang juga ingin memetik manfaat dari probiotik, pastikan untuk mengonsumsinya secara rutin. Agar lebih praktis, Anda dapat mengonsumsi probiotik dengan kandungan Lactobacillus casei Shirota dalam bentuk minuman, seperti Yakult.

Yakult adalah minuman susu fermentasi yang baik untuk kesehatan dan mampu meningkatkan imun tubuh. Untuk diketahui, setiap 1 mililiter (ml) Yakult mengandung lebih dari 100 juta bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup.

Tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kekebalan tubuh, Yakult juga dapat membantu menjaga keseimbangan mikroorganisme baik dalam usus sekaligus menekan pertumbuhan bakteri yang merugikan.

Yakult juga bermanfaat untuk mengurangi racun dalam tubuh, serta mencegah gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda disarankan mengonsumsi satu botol Yakult setiap hari, baik sebelum atau setelah makan.

Hal itu karena konsumsi Yakult secara rutin lebih efektif dalam menciptakan flora usus yang didominasi oleh bakteri berguna. Minuman ini juga dapat memelihara bakteri berguna dan menjaga usus tetap sehat.

Yuk, konsumsi Yakult setiap hari untuk bantu meningkatkan daya tahan tubuh.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com