Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Bayushi Eka Putra
Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Cardiology and Vascular Medicine Resident in National Heart Centre Harapan Kita

Bahaya Detak Jantung Tak Beraturan: Menyingkap Hubungan Atrial Fibrilasi dan Stroke

Kompas.com - 04/08/2023, 16:44 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

ATRIAL fibrilasi (AF) merupakan anomali pada irama jantung yang tergolong paling umum dan diketahui memiliki korelasi signifikan dengan peningkatan risiko stroke.

AF dapat menimbulkan gejala seperti irama jantung tidak beraturan, kelemahan, atau detak jantung terlalu cepat. Namun, beberapa orang bisa saja tidak merasakan gejala sama sekali.

Untuk mendalami hubungan antara Atrial Fibrilasi dan stroke, penting untuk memahami esensi Atrial Fibrilasi dan bagaimana caranya mendeteksinya.

Atrial Fibrilasi adalah kondisi di mana jantung beroperasi dengan pola detak yang tidak beraturan dan biasanya lebih cepat daripada biasanya.

Ketidakberaturan ini terjadi pada atrium atau bilik jantung atas, di mana impuls listrik menjadi kacau dan menciptakan detak jantung tidak beraturan, juga dikenal sebagai Fibrilasi.

Anomali ini dapat mengganggu efisiensi aliran darah ke bagian tubuh lainnya, termasuk otak, yang bisa menjadi pemicu stroke.

Untuk mendeteksi AF, dokter biasanya akan mengerjakan beberapa jenis tes, seperti elektrokardiogram (EKG), yang berfungsi untuk merekam aktivitas listrik dalam jantung dan membantu identifikasi irama jantung yang tidak normal.

Selain itu, dokter juga bisa melakukan pemeriksaan fisik, tes darah, dan pengecekan visual jantung menggunakan metode seperti echocardiogram atau MRI jantung.

Hubungan Atrial Fibrilasi dan stroke

Lalu, bagaimana hubungan Atrial Fibrilasi dengan stroke? Kondisi detak jantung yang tidak beraturan karena AF dapat menghambat darah dipompa secara efisien, dibandingkan saat jantung berdetak secara normal.

Hasilnya, darah bisa mengalami penggumpalan di dalam bilik jantung. Jika gumpalan ini terlepas dan terbawa aliran darah menuju otak, maka stroke bisa terjadi.

Stroke adalah kondisi di mana pasokan darah ke bagian otak terhenti, biasanya karena adanya gumpalan darah, dan menyebabkan sel-sel otak mulai mengalami kerusakan dan mati.

Stroke bisa berakibat pada kerusakan otak permanen, dan gejalanya bisa sangat bervariasi, tergantung pada bagian otak yang terpengaruh.

Pada beberapa orang, AF bisa meningkatkan risiko stroke hingga lima kali lipat.

Penyebab Atrial Fibrilasi dan cara pencegahannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com