Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terjadi Kalau Kebutuhan Nutrisi Tidak Terpenuhi?

Kompas.com - 04/09/2023, 09:07 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nutrisi berperan penting sebagai energi yang berpengaruh pada kinerja tubuh dalam melakukan aktivitas. Namun, apa yang terjadi kalau kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi?

Perlu diketahui, nutrisi adalah asupan bergizi yang diperoleh dari proses pemasukan dan pengolahan asupan oleh tubuh.

Menurut Kementerian Kesehatan, makanan bergizi bisa didapat dengan mengkonsumi zat gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan air.

Beberapa orang bisa kekurangan gizi, apabila kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi. Simak penjelasan lebih lanjut lewat artikel berikut ini. 

Baca juga: Kenali Manfaat dan Kebutuhan Nutrisi Esensial untuk Ibu Hamil

Apa yang terjadi kalau kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi?

Kalau tubuh kekurangan nutrisi, maka efeknya bisa buruk untuk kesehatan, termasuk mudah lemas, gampang sakit, hingga gangguan tumbuh kembang pada anak. 

Jika konsumsi gizi makanan tidak sebanding dengan kebutuhan energi tubuh, maka kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi dan seseorang bisa mengalami malnutrisi.

Disarikan dari Kementerian Kesehatan dan Siloam Hospital, berikut 5 hal yang terjadi kalau kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi:

  • Berat badan turun

Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh secara berkepanjangan bisa membuat berat badan turun. Penurunan berat badan ini bisa sampai 5 persen sampai 10 persen dalam waktu 6 bulan, atau 10 persen sampai 20 persen di atas 6 bulan. 

  • Badan lemas dan mudah lelah

Tak hanya berat badan yang turun, kekurangan nutrisi juga bisa membuat penurunan massa otot. Tanda-tanda penurunan massa otot yang perlu diwaspadai antara lain badan lemas, lemah, dan mudah lelah.

  • Tidak nafsu makan

Tubuh yang kekurangan asupan makan dapat kehilangan zat dasar untuk mengatur keseimbangan tubuh, termasuk hormon untuk mengontro rasa lapar dan kenyang. Sehingga, banyak orang yang kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi juga tidak nafsu makan. 

  • Gampang sakit

Malnutrisi dapat memengaruhi seluruh aspek dari sistem imunitas tubuh terutama menganggu sistem imunitas seluler. Kondisi penurunan imunitas ini bisa membuat orang yang kekurangan nutrisi jadi gampang sakit, terutama pada balita, anak-anak, dan kalangan lansia. 

  • Sakit susah sembuh

Penurunan imunitas akibat kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi juga dapat membuat tubuh kewalahan menghadapi infeksi. Akibatnya, saat terinfeksi kuman termasuk virus dan bakteri, penyakit jadi susah disembuhkan. 

  • Masalah tumbuh kembang

Pada anak-anak, terutama balita,kebutuhan nutrisi harian yang tidak terpenuhi bisa menghambat tumbuh kembang. Dampak ini bisa bersifat jangka panjang. Sebagai gambaran, malnutrisi bisa menyebabkan stunting. Gangguan tumbuh kembang ini bisa menurunkan kemampuan berpikir sampai risiko penyakit kronis saat tumbuh dewasa. 

Baca juga: 5 Nutrisi yang Dibutuhkan Orang Sakit, Apa Saja?

Intervensi nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh

Kurangnya asupan nutrisi pada tubuh perlu segera diberikan perhatian khusus untuk meminimalkan dampaknya pada kesehatan. Berikut beberapa intervensi nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh yang dianjurkan:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com