Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Melangkah yang Benar Saat Berjalan agar Kesehatan Tetap Terjaga

Kompas.com - 11/10/2023, 15:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Postur tubuh ketika berjalan kaki ternyata dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara umum, seperti menjaga kesehatan tulang dan sendi, hingga menghindarkan dari nyeri punggung, panggul, leher, dan kaki.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mulai berjalan kaki dengan menjaga agar kepala dan punggung tegak dengan posisi bahu ditarik sedikit ke bawah dan ke belakang.

Untuk lebih jelasnya, ketahui cara melangkah yang benar saat berjalan berikut ini.

Baca juga: Berapa Banyak Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan?

Cara melangkah yang benar saat berjalan

Disarikan dari Health dan Healthline, berikut adalah beberapa cara melangkah yang benar saat berjalan yang perlu diketahui.

  • Menjaga agar kepala tetap tegak

Saat berjalan, Anda perlu menjaga agar posisi kepala tetap tegak dengan meluruskan dagu agar paralel dengan tanah dan telinga segaris dengan bahu.

Jika masih kesulitan, Anda bisa membayangkan seolah-olah kepala ditarik lembut dari atas agar posisinya tidak turun saat berjalan.

  • Memanjangkan punggung

Posisi punggung yang salah dapat memberikan tekanan berlebih pada otot punggung sehingga bisa menyebabkan rasa nyeri.

Untuk menghindarinya, Anda perlu memanjangkan punggung dan menghindari posisi membungkuk ketika berjalan.

  • Menjaga pundak agar tetap sejajar

Pundak yang terlalu kaku atau membungkuk ke depan dapat menyebabkan rasa nyeri pada otot dan sendi di punggung, leher, dan punggung bagian atas.

Saat berjalan kaki, Anda perlu menjaga agar pundak tetap rileks dengan posisi yang sedikit jauh dari telinga dan tidak membungkuk.

Baca juga: 6 Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Jalan Kaki

  • Mengencangkan otot perut

Otot perut memiliki peran yang penting ketika Anda berjalan karena dapat menjaga keseimbangan dan mengurangi tekanan berlebih pada punggung.

Untuk melakukannya, Anda bisa mengencangkan otot perut dengan cara menarik pusar mendekati arah tulang rusuk ketika berjalan.

  • Mengayunkan tangan

Mengayunkan tangan dengan lembut ke depan dan ke belakang ketika berjalan dapat membantu tubuh untuk mengurangi beban dan mencegah penggunaan energi secara berlebihan.

Namun, Anda perlu menghindari untuk mengayunkan tangan di depan tubuh dan dengan posisi yang terlalu tinggi untuk mendapatkan manfaatnya.

Langkah yang benar ketika berjalan kaki adalah dimulai dari tumit, kaki bagian depan, dan jari kaki.

Langkah kaki ini akan membantu untuk menyebarkan beban dengan merata ke tubuh bagian bawah sehingga menurunkan risiko cedera.

Baca juga: 4 Manfaat Jalan Kaki untuk Kecantikan dan Efek Sampingnya

  • Memperhatikan kecepatan langkah

Jalan kaki adalah salah satu jenis olahraga yang dapat membakar kalori dengan baik dan tidak memberikan beban berlebih pada sendi.

Namun untuk mendapatkan manfaatnya, anda perlu memperhatikan kecepatan langkah kaki agar Anda yang tidak terbiasa berolahraga tidak mengalami cedera.

Selain itu, memperhatikan cara melangkah yang benar saat berjalan sangatlah penting karena akan sangat bermanfaat untuk membantu tubuh mengurangi beban dan membakar kalori dengan lebih baik.

Baca juga: Berapa Lama Jalan Kaki yang Baik? Berikut Penjelasannya…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com