Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Penyebab Ngantuk di Pagi Hari dan Cara Menghilangkannya

Kompas.com - 14/10/2023, 06:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selepas tidur di malam hari, idealnya kita bangun dalam kondisi segar dan berenergi. Namun, ada kalanya kita justru ngantuk di pagi hari. 

Perlu kamu ketahui, penyebab ngantuk di pagi hari bisa berasal dari imbas aktivitas yang kurang pas dilakukan sehari sebelumnya, sebelum tidur, dan selepas bangun tidur.

Untuk lebih jelasnya, simak penyebab dan cara menghilangkan ngantuk di pagi hari lewat artikel berikut ini.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Jadi Ngantuk setelah Makan

Penyebab ngantuk di pagi hari

Disarikan dari VerywellHealth dan HenryFordHealth, berikut ini beberapa kemungkinan mengapa kamu ngantuk di pagi hari:

  • Dehidrasi

Penyebab ngantuk di pagi hari yang paling sering adalah dehidrasi. Ketika kamu kekurangan cairan, tubuh bisa lebih lelah dari biasanya dan kekurangan energi, sehingga memicu rasa ngantuk berat di pagi hari.

  • Kebiasaan tidur yang buruk

Sering ngantuk di pagi hari juga bisa jadi tanda kebiasaan tidur kamu buruk. Kebiasaan tidur yang buruk, seperti bergadang, tidur tidak teratur, tidur tidak nyenyak bisa membuat istirahat tidak optimal, serta memicu rasa lelah dan ngantuk keesokan harinya.

  • Olahraga di malam hari

Olahraga di malam hari yang terlalu mepet dengan jadwal tidur, terlebih olahraga berat, dapat membuat tubuh kelelahan dan susah tidur nyenyak di malam hari. Akibatnya, di pagi hari tubuh Kamu rasanya jadi mudah lelah, merasa ngantuk, gampang marah, dan badan nyeri.

  • Stres

Banyaknya tekanan atau stres berlebihan dapat menurunkan kualitas dan kuantitas tidur. Kondisi kesehatan mental yang tidak prima ini secara tidak langsung juga dapat memengaruhi kebugaran tubuh di pagi hari.

Baca juga: Ngantuk setelah Olahraga Pagi, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya…

  • Minum kopi atau teh di malam hari

Sering ngantuk di pagi hari bisa disebabkan kebiasaan mengonsumsi kafein seperti teh atau kopi di malam hari. Kafein dapat menekan reseptor adenosin yang mengendalikan rasa mengantuk. Tapi ketika efek kafein hilang, adenosin terbangun sehingga kita jadi lelah dan mengantuk di pagi hari.  

  • Tidak sarapan

Menjalani aktivitas di pagi hari tanpa sarapan bisa memicu rasa ngantuk, lemas, dan lelah. Hal ini dikarenakan tubuh belum mendapatkan energi dari makanan setelah puasa semalaman saat tidur. Kondisi ini membuat tubuh tidak bisa segar dan bugar saat bangun tidur.

  • Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang bisa membuat kamu kesulitan untuk tidur dan beristirahat di malam hari. Kondisi ini juga bisa jadi penyebab ngantuk di pagi hari. Apabila terjadi berkepanjangan, dampaknya tak hanya bikin ngantuk tapi juga bisa memicu beragam penyakit kronis, seperti hipertensi.

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Kamu Sering Mengantuk padahal Cukup Tidur

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari

Dilansir dari Medical News Today, terdapat beberapa cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang bisa kamu lakukan, seperti:

  • Minum banyak air

Kamu perlu tahu, sekitar 50 persen hingga 60 persen dari berat badan manusia terdiri atas air.

Saat berkeringat, buang air kecil, atau sakit, tubuh akan kehilangan cairan. Jika kita diimbangi dengan asupan cairan yang cukup, tubuh bisa dehidrasi dan ngantuk di pagi hari.

Untuk itu, konsumsi banyak cairan terutama air putih setidaknya delapan gelas per hari atau menyesuaikan kebutuhan masing-masing orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com