Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Penderita Diabetes Bisa Normal Kembali? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 09/01/2024, 16:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Diabetes adalah kondisi di mana insulin tidak dapat memproduksi atau menggunakan insulin dengan baik. Namun, apakah penderita diabetes bisa normal kembali?

Ternyata, diabetes tidak dapat disembuhkan secara total dan tetap ada di dalam tubuh.

Namun, penderita diabetes dapat mencapai remisi diabetes di mana kadar gula darah tetap normal dan tidak perlu mengonsumsi obat.

Perubahan kebiasaan dan menurunkan berat badan umumnya dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah kondisi ini untuk muncul kembali.

Untuk itu, simak penjelasan dan perubahan kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengatasi diabetes berikut ini.

Baca juga: Berapa Kadar Gula Darah yang Berbahaya? Berikut Penjelasannya...

Apakah penderita diabetes bisa normal kembali?

Ternyata, penderita diabetes tidak dapat sembuh secara total karena masalah kesehatan ini masih ada di dalam tubuh.

Dilansir dari Medical News Today, diabetes tidak dapat disembuhkan secara total karena merupakan masalah kesehatan kronis, namun penderita dapat mencapai remisi.

Remisi adalah kondisi di mana tubuh tidak menunjukkan gejala diabetes, meskipun penyakit ini masih ada di dalam tubuh dan dapat kambuh kembali.

Ada tiga durasi remisi diabetes, yakni:

  • Remisi parsial di mana penderita diabetes dapat menjaga kadar gula darah lebih rendah daripada penderita diabetes pada umumnya selama setidaknya satu tahun tanpa perlu mengonsumsi obat
  • Remisi total di mana kadar gula darah kembali normal dan tidak termasuk golongan diabetes atau prediabetes, dan tetap stabil selama setidaknya satu tahun tanpa pengobatan khusus
  • Remisi jangka panjang ketika periode remisi bertahan setidaknya selama lima tahun

Meskipun kadar gula darah tetap stabil selama bertahun-tahun, kondisi ini masih dikategorikan sebagai remisi diabetes karena masalah kesehatan ini tidak dapat disembuhkan secara total.

Baca juga: Buah Apa yang Bisa Menurunkan Gula Darah Tinggi?

Perubahan kebiasaan untuk mengatasi diabetes

Meskipun tidak dapat disembuhkan secara total, terdapat beberapa perubahan kebiasaan yang dapat dilakukan sehingga kadar gula darah tetap stabil.

Dilansir dari Verywell Health, ada beberapa perubahan kebiasan untuk mengatasi diabetes, seperti:

  • Mengonsumsi makanan bernutrisi dengan membatasi asupan karbohidrat dan gula, serta meningkatkan konsumsi makanan yang kaya akan serat
  • Berolahraga secara teratur agar tubuh dapat menggunakan insulin dengan baik dan menurunkan gula darah tinggi
  • Menggunakan insulin jika dibutuhkan karena remisi tidak berarti bahwa diabetes sudah sembuh dan dapat bertambah buruk ketika dibiarkan
  • Memeriksa kadar gula darah secara teratur
  • Menjaga agar berat badan tetap ideal

Memahami apakah penderita diabetes bisa normal kembali sangatlah penting sehingga Anda bisa melakukan tindakan pencegahan yang sesuai untuk mencapai remisi diabetes.

Meskipun beberapa perubahan kebiasaan tersebut dapat menjaga agar kadar gula darah tetap stabil, Anda tetap diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter secara rutin untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com