Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haechan NCT Kena Radang Amandel, Ketahui Gejala dan Pengobatannya

Kompas.com - 11/01/2024, 09:50 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Member boy group NCT Haechan, dikabarkan akan hiatus dari kegiatannya di dunia hiburan karena menderita radang amandel parah.

Dikutip dari Soompi, Haechan sempat berobat ke rumah sakit pada 8 Januari karena gejala flu disertai demam tinggi. Hasil pemeriksaan memastikan ia menderita radang amandel.

"Oleh karena itu Haechan akan beristirahat sejenak untuk pemulihan," tutur perwakilan SM Entertaiment.

Radang amandel (tonsilitis) umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, terutama jenis Streptococcus.

Gejalanya meliputi sakit tenggorokan, kesulitan menelan, pembengkakan amandel, nyeri kepala, dan demam. Pada tonsilitis bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik.

Baca juga: Radang Amandel Vs Radang Tenggorokan, Apa Bedanya?

Penularan radang amandel

Amandel merupakan bagian dari sistem imun manusia karena organ kecil ini akan menangkap kuman-kuman yang masuk. Amandel yang terinfeksi akan bengkak dan nyeri, sehingga sakit saat menelan.

Virus dan bakteri penyebab radang amandel sangat menular, karena itu penderita radang amandel disarankan untuk beristirahat.

Penularannya bisa melalui ciuman atau menggunakan alat makan yang sama, kontak erat dengan seseorang yang sakit amandel, menyentuh permukaan yang terkontaminasi lalu menyentuh hidung dan mulut, serta menghirup partikel kecil dari batuk dan bersin.

Baca juga: Kapan Operasi Amandel Perlu Dilakukan? Begini Kata Dokter

Operasi pengangkatan amandel

Operasi pengangkatan tonsil atau yang umum disebut sebagai operasi amandel dilakukan apabila radang tonsil atau tonsilitis pada seseorang menimbulkan masalah kesehatan.

Operasi akan dilakukan jika tonsil menyebabkan infeksi berulang, seperti demam, sakit tenggorokan, batuk, dan susah makan. Selain itu operasi juga disarankan jika amandel membesar hingga menyebabkan sumbatan pada jalan napas.

Pada dasarnya kita tidak bisa sepenuhnya mencegah radang amandel, namun kita bisa mengurangi risikonya dengan menjaga kebersihan. Selalu cuci tangan dengan sabun terutama sebelum menyentuh hidung dan mulut, serta hindari berbagi makanan dan alat makan dengan seseorang yang sakit.

Baca juga: Apakah Amandel Berbahaya? Simak Penjelasan Berikut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com