Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Minum Air Putih Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 28/02/2024, 14:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Air putih punya banyak manfaat, termasuk mencukupi kebutuhan cairan, memelihara kesehatan kulit dari proses penuaan, dan mendukung metabolisme. Namun, apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan?

Ternyata minum air putih dapat mengontrol dan menurunkan berat badan. Pasalnya, konsumsi air putih bisa memberi efek kenyang sehingga mencegah kebiasaan makan berlebihan.

Untuk mengetahui lebih lanjut apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Apakah Air Putih Membuat Awet Muda? Simak Penjelasannya Berikut...

Apakah minum air putih bisa menurunkan berat badan?

 Ya, minum air putih bisa menurunkan berat badan maupun mempertahankan bobot ideal yang sudah Anda miliki.

Pasalnya, air putih adalah minuman bebas kalori sehingga tidak mengakibatkan kelebihan kalori yang memicu kenaikan berat badan.

Itu sebabnya, air putih menjadi pilihan minuman terbaik setelah makan, dibanding es teh manis, jus buah dengan tambahan gula, maupun minuman berenergi.

Ahli diet Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD kepada Eat This Not That juga menjelaskan, minum air putih umumnya dapat memberikan perasaan kenyang yang lebih lama.

Mengonsumsi air putih sebelum dan sesudah makan bahkan dapat membuat seseorang mengurangi asupan makanan tinggi kalori karena sudah tidak terlalu lapar.

Efek kenyang yang lebih lama setelah minum air putih juga dapat mencegah keinginan menyantap camilan atau kudapan manis setelah konsumsi makanan utama.

Minum air putih juga penting dalam menunjang aktivitas fisik yang optimal sehingga otomatis dapat berkontribusi pada proses pembakaran kalori tubuh untuk menurunkan maupun mencegah kenaikan berat badan.

Baca juga: Apakah Minum Air Putih Bisa untuk Menurunkan Asam Urat?

Berapa banyak air putih yang diminum untuk menurunkan berat badan?

Tidak ada patokan khusus mengenai jumlah air putih untuk menurunkan berat badan.

Kebutuhan air putih untuk menurunkan berat badan dapat berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan.

Namun dikutip dari Healtline, penelitian menunjukkan bahwa minum air putih sebanyak 1-2 liter per hari bisa membantu menurunkan berat badan.

Cara minum air putih untuk menurunkan berat badan bisa dilakukan sebelum makan, setelah makan, dan setelah beraktivitas.

Beberapa riset menujukkan, minum air putih sebanyak dua gelas atau 500 ml sebelum makan bisa Anda coba untuk menurunkan berat badan karena membuat perut lebih kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Meskipun minum air putih bisa untuk menurunkan berat badan, Anda tidak dianjurkan konsumsi berlebihan karena bisa menyebabkan keracunan air.

Konsultasikan dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui takaran air putih yang aman untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Ketahui Efek Kebanyakan Minum Air Putih bagi Kesehatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com