7 Aktivitas Cegah Depresi dan Cemas saat Pandemi Virus Corona

Kompas.com - 30/03/2020, 19:54 WIB
Intinya mindfulness mewajibkan kita untuk fokus, tidak multitasking, dan tidak berpikir apalagi bersikap menghakimi.  ShutterstockIntinya mindfulness mewajibkan kita untuk fokus, tidak multitasking, dan tidak berpikir apalagi bersikap menghakimi.

KOMPAS.com - Tinggal di rumah saja selama pandemi virus corona penyebab Covid-19 selama beberapa waktu rentan bikin stres 

Terlebih bagi Anda yang sedang bergelut dengan masalah kesehatan mental seperti depresi dan gangguan kecemasan.

Menghadapi situasi sulit wabah penyakit ditambah minimnya interaksi langsung dengan orang sekitar membuat pengidap depresi dan gangguan kecemasan rentan tertekan.

Baca juga: Ciri-ciri Stres Menghadapi Wabah Virus Corona

"Tinggal di rumah saja, terlebih tanpa interaksi langsung dengan orang sekitar pasti sangat menantang," ujar Kimberly Meehan, NP, praktisi psikiatri, kepada Bustle (25/3/2020).

Meehan menyarankan, orang yang sedang menghadapi tekanan mental perlu menyibukkan diri dengan kegiatan untuk mengatasi kesepian saat tidak beraktivitas di luar rumah.

Berikut cara mengatasi depresi dengan aktivitas untuk menjaga kesehatan mental selama tinggal di rumah saja:

1. Jauhkan diri dari telepon pintar

Telepon pintar bisa menjadi sumber kecemasan dengan paparan nonsetop info seputar pandemi virus corona atau kehidupan orang lain.

Namun, mengingat wabah penyakit ini cukup berbahaya, Anda tetap perlu memperbarui informasi seputar virus corona secara berkala.

Paling tidak, pantau informasi sehari satu kali untuk mendaparkan informasi karantina wilayah atau petunjuk keselamatan menghadapi pandemi.

Paparan informasi virus corona yang intens dapat mengganggu kesehatan mental, bahkan tak jarang menimbulkan serangan panik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Bustle
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X