Kompas.com - 19/10/2021, 15:03 WIB

KOMPAS.com – Penyebab anemia pada ibu hamil bisa bermacam-macam.

Penyebab anemia ini kiranya penting dikenali sebagai bagian dari upaya mencegah terjadinya gangguan kesehatan yang bisa membahayakan ibu hamil sendiri maupun janin di kandungan tersebut.

Merangkum WebMD, anemia pada ibu hamil adalah kondisi yang sebaiknya tak boleh dianggap remeh atau dibiarkan begitu saja.

Baca juga: 9 Gejala Anemia pada Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai

Faktanya, anemia selama kehamilan bisa meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan bahkan kematian ibu.

Penyebab anemia pada ibu hamil

Anemia pada ibu hamil adalah kondisi ketika tubuh ibu hamil kekurangan sel darah merah, yakni lebih rendah daripada batas normal.

Kondisi ini juga bisa terjadi jika sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin yang berfungsi menyalurkan oksigen ke jaringan tubuh.

Meskipun anemia ringan sering terjadi pada banyak ibu hamil, kondisi ini bisa berubah menjadi masalah serius yang memerlukan peratawan medis lebih lanjut jika dibiarkan tak tertangani.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab anemia pada ibu hamil:

1. Kurang asupan vitamin B12

Melansir Medical News Today, asupan vitamin B12 sangat penting bagi tubuh ibu hamil untuk dapat memperbanyak sel darah merah.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.