Kompas.com - 03/09/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Chia seeds merupakan salah satu bahan makanan yang sering dipakai untuk membuat puding atau menjadi pelengkap dalam membuat overnight oat.

Chia seeds sering digunakan karena dinilai bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa biji-bijian yang sudah lama digunakan di berbagai negara ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan.

Baca juga: Chia Seed untuk Diet: Manfaat Cara Mengonsumsi

Kompas TV Ditaburi dengan berbagai macam toping, dari buah-buahan, superfood seperti chia seeds, kacang-kacangan atau bahkan granola sehingga menambah sensasi makan.

Berikut adalah manfaat chia seeds untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

 

1. Mengurangi radikal bebas

Menurut penelitian yang terbit pada Journal of Food Science and Technology di tahun 2016, chia seeds merupakan sumber antioksidan yang baik.

Dari penelitian tersebut juga diketahui bahwa antioksidan yang terkandung pada chia seeds membuatnya tidak cepat basi.

Tidak hanya itu saja, antioksidan tersebut juga berguna untuk manusia karena bisa menetralkan radikal bebas yang bisa merusak sel di dalam tubuh.

Melansir WebMD, mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti chia seeds, bisa menghindarkan tubuh dari beberapa jenis penyakit, antara lain penyakit jantung, menurunnya fungsi kognitif, serta menghindarkan dari beberapa jenis kanker.

 

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Healthline menyebutkan bahwa chia seeds kaya akan serat serta Omega-3 sehingga bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Fungsi serat larut, seperti yang dimiliki oleh chia seeds, diteliti dan diterbitkan di dalam Journal of Chiropractic Medicine pada tahun 2017.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.