Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Makanan untuk Mencegah Osteoporosis, Tak Hanya Susu

Kompas.com - 27/10/2023, 12:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Salah satu cara untuk membantu pencegahan osteoporosis dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. 

Dikutip dari International Osteoporosis Foundation, osteoporosis adalah penyakit yang membuat tulang lemah dan rapuh. Penyakit ini bisa meningkatkan risiko patah tulang, bahkan hanya karena benturan ringan.

Osteoporosis juga menjadi salah satu penyakit yang tidak memiliki gejala, sehingga dijuluki “silence disease”.

Apabila tidak dicegah, seseorang yang mengalami osteoporosis dapat merasakan tulang yang sakit, cacat, dan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak.

Anda dapat mengetahui rekomendasi makanan yang baik untuk mencegah osteoporosis melalui artikel di bawah ini.

Baca juga: Dokter Beberkan Makanan Bernutrisi untuk Mencegah Osteoporosis

Makanan untuk mencegah osteoporosis

Agar tidak osteoporosis, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C dan K, kalsium, magnesium, zinc, dan protein. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang dapat Anda coba, meliputi:

  • Jeruk, beri, paprika, dan brokoli

Makanan tinggi vitamin C, seperti jeruk, beri, paprika, dan brokoli mengandung banyak antioksidan yang penting untuk membantu mencegah kerusakan tulang. Kekurangan vitamin C dapat mengganggu kepadatan mineral tulang.

  • Keju, ayam, sayuran hijau

Dikutip dari Healthline, keju, ayam, dan sayuran berwarna hijau banyak mengandung vitamin K. Zat gizi ini berguna untuk menunjang protein yang terlibat langsung dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang. Kekurangan vitamin K dapat meningkatkan risiko patah tulang.

Baca juga: Apakah Susu Efektif untuk Mencegah Osteoporosis?

  • Kale, kubis dan okra

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, sawi, kale, kubis hijau, dan okra bagus dimakan karena tinggi kalsium. Perlu diketahui, untuk mencegah osteoporosis, orang dewasa dianjurkan mengonsumsi setidaknya 1.000 miligram kalsium per hari. Sedangkan kalangan lansia membutuhkan lebih banyak kalsium, atau sekitar 1.200 miligram kalsium per hari.

  • Ikan berlemak baik

Melansir Irish Osteoporosis Society, ikan berlemak baik termasuk makanan yang perlu dikonsumsi untuk mencegah penyakit osteoporosis. Ikan seperti salmon, makarel, tuna, dan sarden termasuk sumber vitamin D yang bagus untuk tubuh. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tulang karena membantu tubuh menyerap kalsium. 

  • Daging, makanan laut, unggas, dan telur

Kekurangan protein juga dapat meningkatkan risiko patah tulang. Protein penting untuk menjaga dan menunjang regenerasi jaringan tubuh yang sehat, termasuk tulang. Nah, daging, makanan laut, telur, dan unggas adalah sumber protein dan zinc yang baik dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis.

  • Tahu

Melansir Harvard Health Publishing, tahu adalah sumber protein nabati yang terbuat dari kacang kedelai dan bagus untuk kesehatan tulang karena mengandung kalsium. Kandungan kalsium pada tahu termasuk tinggi, yaitu 430 mg kalsium per porsi.

Baca juga: 3 Jenis Olahraga untuk Mencegah Osteoporosis

  • Almond

Kacang almond merupakan salah satu kacang-kacangan tinggi kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, walaupun almond juga mengandung kalori yang padat. Setengah cangkir kacang almond saja memiliki 190 mg kalsium. Tapi ingat, jangan makan berlebihan karena makanan ini tinggi kalori.

  • Buah ara

Buah ara mengandung banyak kalsium, magnesium, dan senyawa strontium yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang kuat, sehat, dan mencegah osteoporosis. Sebanyak 2 buah ara kering mengandung sekitar 65 miligram kalsium. 

  • Tomat, kismis, dan kentang

Magnesium adalah nutrisi penting lainnya untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Anda bisa mendapatkan asupan magnesium untuk tubuh dengan mengonsumi  kentang, kismis, dan tomat. Khusus tomat, makanan ini selain mengandung magnesium juga tinggi kalium yang sangat penting untuk kesehatan tulang.

Baca juga: 8 Penyebab Osteoporosis dan Faktor Risikonya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com