Kompas.com - 15/05/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi alpukat. PIXABAY/JURAJ VARGAIlustrasi alpukat.

KOMPAS.com - Biotin adalah vitamin B yang juga dikenal sebagai vitamin H atau vitamin B7.

Dilansir dari Medical News Today, biotin berfungsi membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi.

Vitamin ini juga dapat berperan dalam membantu proses metabolisme lemak dan asam amino yang digunakan tubuh untuk membangun protein.

Baca juga: 8 Makanan yang Mengandung Vitamin B5 Tinggi

Protein sendiri adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk memperbaiki dan memelihara sel.

Selain itu, biotin dapat berperan dalam menjaga kesehatan sistem saraf, kulit, rambut, mata dan fungsi hati.

Sama seperti vitamin C, biotin termasuk vitamin yang larut dalam air, yang berarti tubuh tidak menyimpannya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akibatnya, kita perlu mendapatkan vitamin ini dari makanan atau suplemen secara teratur untuk menjaga kadar yang memadai.

Kekurangan biotin sebenarnya jarang terjadi. Ketika kita sudah makan dengan makanan bernutrisi lengkap, biasanya kebutuhan biotin harian bisa tercukupi dengan sendirinya.

Pasalnya, ada banyak makanan di sekitar yang mengandung jumlah vitamin B cukup besar. Namun bukan berarti tidak ada orang yang bisa mengalami kekurangan biotin ini.

Orang dengan kondisi kesehatan yang memengaruhi cara tubuh menyerap nutrisi atau yang sedang menjalani pengobatan tertentu dapat berisiko mengalami kekurangan biotin.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X