Kompas.com - 01/01/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Tahukah kamu tekanan darah tinggi tidak hanya menjadi penyakit orang dewasa? Anak-anak juga bisa mengidap tekanan darah tinggi.

Mengutip Children Hospital, tekanan darah tinggi atau disebut juga hipertensi adalah darah yang mendorong dinding arteri yang dilaluinya dengan tekanan yang lebih tinggi dari normal. Ini bukan tentang seberapa cepat darah mengalir.

Tekanan darah tinggi pada anak artinya darah mendorong terlalu keras ke pembuluh darah, yang dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, jantung, dan organ lainnya.

Baca juga: 5 Bahaya Tekanan Darah Tinggi yang Harus Diwaspadai

Sebenarnya agak sulit untuk menentukan tekanan darah tinggi pada anak, tidak seperti untuk orang dewasa yang ada serangkaian pengukuran standar.

Tidak ada kisaran target sederhana untuk tekanan darah tinggi pada semua anak karena apa yang dianggap normal berubah seiring pertumbuhan mereka.

Untuk mengukur apakah seorang anak menderita hipertensi tergantung pada bagaimana tekanan darahnya dibandingkan dengan teman sebayanya (berdasarkan jenis kelamin, tinggi, dan usia).

Mengutip AAFP, seorang anak atau remaja didiagnosis menderita hipertensi ketika tekanan darah rata-rata mereka sama dengan atau di atas persentil ke-95 untuk usia, jenis kelamin, dan tinggi badan seusianya, ketika diukur setidaknya 3 kali dalam kesempatan terpisah.

Namun pada remaja tekanan darah tinggi didefinisikan sama dengan orang dewasa, seperti yang dikutip dari Mayo Clinic, yaitu lebih besar dari atau sama dengan 130/80 mmHg.

Lalu, bagaimana anak bisa terkena tekanan darah tinggi?

Baca juga: 6 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Tekanan Darah Tinggi

Faktor risiko tekanan darah tinggi pada anak

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang anak mengalami tekanan darah tinggi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.