Kompas.com - 17/12/2021, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg.

Mengutip Kementerian Kesehatan, penyakit tekanan darah tinggi sering kali disebut "the silent killer" karena sering tanpa keluhan kesehatan.

Mengutip NHS, tekanan darah tinggi berisiko memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah, jantung, dan organ lain, seperti otak, ginjal, dan mata.

Baca juga: Bahaya Tekanan Darah Tinggi dan Cara Mencegahnya

Tekanan darah tinggi yang terus-menerus dapat meningkatkan risiko sejumlah kondisi kesehatan yang serius dan berpotensi mengancam jiwa, seperti:

  • Penyakit jantung
  • Serangan jantung
  • Stroke
  • Gagal jantung
  • Penyakit arteri perifer
  • Aneurisma aorta
  • Penyakit ginjal
  • Demensia vaskular

Jika seseorang memiliki hipertensi, menguranginya bahkan dalam jumlah kecil saja dapat membantu menurunkan risiko kesehatan tersebut.

Cara mengurangi tekanan darah tinggi salah satunya bisa dengan menghindari makanan yang menstimuli peningkatan tekanan darah.

Berikut ini Kompas.com mengulas sejumlah makanan yang dianjurkan untuk dihindari dikonsumsi berlebihan, mengutip dari berbagai sumber:

Baca juga: Stres Bisa Picu Tekanan Darah Tinggi, Begini Alasannya

1. Makanan mengandung garam

Garam adalah mineral kristal yang terbuat dari natrium (sodium) dan klorida.

Mengutip Medical News Today, garam dapat memicu tekanan darah tinggi, tetapi banyak orang makan terlalu banyak natrium tanpa menyadarinya.

Makanan olahan dan makanan cepat saji biasanya mengandung jumlah natrium yang berlebihan, seringkali lebih dari 2.300 mg.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.