Kompas.com - 14/06/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak dan menunda kematian, kafein ternyata bisa memberi efek positif pada kesehatan kulit.

Mengutip Healthline, kafein merupakan senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit yang ditemukan dalam biji, kacang-kacangan, atau daun tanaman tertentu.

Penelitian yang diterbitkan di International Journal of Cosmetic Science menunjukkan, molekul kafein berukuran kecil sehingga dapat melewati lapisan atas kulit. Tak heran, kafein menjadi salah satu bahan pembuatan produk skincare.

Baca juga: Mengapa Kafein Berbahaya untuk Anak-anak?

Kafein berperan sebagai vasokonstriktor atau senyawa yang bekerja membuat pembuluh darah Anda mengecil dan mengencang.

"Saat digunakan sebagai skincare, kafein bisa mengurangi aliran darah ke kulit dan membuatnya lebih kencang," ujar dokter kulit sekaligus direktur Oak Dermatology, Jeffrey Hsu, dikutip dari Everyday Health. 

"Kafein bisa dijadikan sebagai formula untuk menunda munculnya tanda penuaan, seperti garis halus atau kerutan pada wajah hingga menjaga kesehatan mata." imbuhnya.

4 Manfaat kafein pada perawatan kulit

Menangkal radikal bebas

Kafein bertindak cepat melindungi kulit dari stres oksidatif atau keadaan ketika jumlah radikal bebas melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

Melindungi dari sengatan matahari

Kafein yang memiliki sifat anti karsinogenik juga dapat melindungi serta membantu proses perbaikan kulit yang rusak akibat sinar matahari.

Melihat hal ini, kafein otomatis dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.