Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Nutrisi yang Dibutuhkan dalam Komponen Gizi Seimbang

Kompas.com - 01/01/2024, 10:00 WIB
Agustin Tri Wardani,
Shintaloka Pradita Sicca

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Kebutuhan nutrisi yang tercukupi akan membuat tubuh terhindar dari penyakit. Nutrisi bisa didapat dari asupan makanan yang memenuhi gizi seimbang.

Merujuk Kementerian Kesehatan RI, gizi seimbang adalah susunan asupan sehari-hari yang jenis dan jumlah zat gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Pemenuhan asupan gizi ini juga harus memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan mempertahankan berat badan normal guna mencegah masalah gizi.

Berikut artikel ini akan mengulas lebih lengkap tentang gizi seimbang yang dibutuhkan setiap orang. 

Baca juga: 7 Nutrisi Terbaik untuk Kesehatan Otak Kita

Macam nutrisi untuk penuhi asupan gizi seimbang

Asupan gizi seimbang kita dapatkan dari berbagai makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsinya.

Dikutip dari Centre Health Protection, ada lebih dari 40 jenis nutrisi dalam makanan dan secara umum dapat diklasifikasikan ke dalam tujuh kelompok besar berikut:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Vitamin
  • Mineral
  • Serat makanan
  • Air

Disari dari Centre Health Protection dan Kementerian Kesehatan RI, berikut penjelasan mengenai fungsi dan sumber macam nutrisi tersebut:

  • Karbohidrat

Karbohidrat adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi, termasuk otak. 

Berdasarkan jenisnya, karbohidrat terbagi menjadi dua, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat sederhana hanya mengandung satu atau dua molekul gula (glukosa) dan tidak mengandung zat gizi lain. Contohnya, 

Karbohidrat sederhana lebih mudah dicerna dan merangsang produksi hormon insulin lebih banyak, yang mengakibatkan kadar gula darah segera meningkat. Contoh sumber makanannya adalah gula pasir, gula aren, gula batu, karamel, sirup, dan permen.  

 

Sedangkan, karbohidrat kompleks adalah karbohhidrat yang mengandung molekul glukosa dan zat gizi lain, seperti vitamin dan serat.

Dengan kandungannya yang kompleks, jenis karbohidrat ini dicerna tubuh secara perlahan dan dapat memberikan energi secara bertahap pada tubuh. Sehingga, tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh. 

Contoh makanan yang termasuk karbohidrat kompleks adalah nasi merah, kentang, ubi, singkong, dan jagung. 

Baca juga: 8 Macam Nutrisi untuk Mencegah Stunting yang Harus Diketahui

  • Serat makanan

Serat makanan adalah bagian tanaman yang tidak dapat dicerna. Nutrisi ini berfungsi membantu menstabilkan gula darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan mencegah sembelit.

 

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com