Gejala Depresi yang Harus Anda Waspadai

Kompas.com - 08/08/2020, 18:06 WIB
Ilustrasi tuaindeedIlustrasi

KOMPAS.com - Dalam beberapa momen hidup, kita mungkin merasakan rasa sedih yang mendalam bahkan merasa tidak ada jalan keluar dari masalah yang kita hadapi.

Hal ini kadang membuat kita merasa sedang depresi.

Melansir dari Healthline, depresi kini menjadi istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan perasaan kita setelah mengalami momen-momen buruk dalam hidup kita seperti masalah di tempat kerja atau putus cinta.

Baca juga: Berenang Bisa Jadi Metode Atasi Depresi, Kok Bisa?

Namun, sebenarnya, gangguan depresi mayor adalah gangguan mental yang jauh lebih rumit.

Depresi sendiri adalah gangguan mental yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan rasa tidak peduli.

Dalam wawancara dengan Kompas.com pada 2017 lalu, dr. Andri Sp.KJ menjelaskan bagaimana gejala orang yang mengidap depresi.

"Orang yang depresi merasa tidak ada harapan akan kehidupan atau putus asa. Kondisi ini diikuti dengan gejala lain seperti susah konsentrasi, malas, tidak bertenaga, tidak nafsu makan, dan sering ada ide untuk bunuh diri," kata Andri.

Sayangnya, depresi sering kali tidak disadari kemunculannya. Bahkan oleh orang yang mengalaminya.

Dalam tulisannya di laman Kompas.com, Retha Arjadi, M.PSI menulis depresi bisa diartikan sebagai sebuah kondisi gangguan psikologis dengan ciri adanya perasaan sedih atau kekosongan mendalam.

Orang yang depresi biasanya merasa bahwa mereka seolah masuk ke dalam lubang yang dalam, gelap, dan sulit untuk keluar dari sana.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X