Kompas.com - 12/04/2021, 16:09 WIB
Ilustrasi diet. SHUTTERSTOCK/YURIY MAKSYMIVIlustrasi diet.

KOMPAS.com – Siapa saja bisa mengalami keluhan nafsu makan hilang karena berbagai alasan.

Orang dengan kondisi ini mungkin akan menunjukkan keinginan yang lebih sedikit untuk makan, kehilangan minat pada makanan, atau merasa mual saat ingin makan.

Bersamaan dengan hilangnya nafsu makan, seseorang juga dapat mengalami kelelahan dan penurunan berat badan apabila tidak makan cukup makanan untuk menopang tubuhnya.

Baca juga: 10 Gejala Anoreksia Nervosa, Gangguan Makan Serius yang Perlu Diwaspadai

Secara umum, penyebab nafsu makan hilang bisa terkait dengan fisik ataupun psikologis.

Hal ini sering kali bersifat sementara karena faktor-faktor seperti infeksi atau masalah penceraan.

Artinya, nafsu makan dimungkinkan akan kembali ketika orang yang mengalami gangguan tersebut telah pulih.

Tapi, beberapa orang mungkin juga kehilangan nafsu makan sebagai gejala kondisi medis jangka panjang, seperti penyakit serius stadium akhir, termasuk kanker. Ini adalah bagian dari kondisi yang oleh dokter disebut sebagai cachexia.

Sementara, istilah medis untuk kehilangan nafsu makan total dalam jangka waktu yang lebih lama adalah anoreksia. Ini berbeda dengan kelainan makan anoreksia nervosa, yang merupakan masalah kesehatan mental.

Penyebab nafsu makan hilang

Merangkum Medical News Today, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab nafsu makan hilang bagi banyak orang, baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang.

Ini mungkin termasuk:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X